Artikel

Tips Mengatasi Kecemasan Di Awal Masa Kerja

Tips Mengatasi Kecemasan Di Awal Masa Kerja

Setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan, karena dengan memperoleh pekerjaan sudah bisa dipastikan akan memperoleh gaji untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagi seseorang yang akan mulai bekerja atau baru mulai bekerja biasanya mempunyai masalah tersendiri di awal masa kerja, yaitu dihinggapi perasaan cemas.Ketika saya akan memulai bekerja di awal masa kerja pada waktu itu mengalami hal yang serupa, yaitu perasaan was-was, serba takut dan tidak memiliki rasa percaya diri menghadapi situasi kerja yang akan dilalui.

Padahal setelah dijalani nyatanya memang tidak ada yang mesti dicemaskan. Semuanya terjadi karena memang hanya sebatas perasaan diri kita sendiri saja.Bagi anda yang akan memulai bekerja dan dihinggapi rasa cemas di awal masa kerja, berikut tips sederhana yang saya tulis berdasarkan pengalaman kerja selama kurang lebih 19 tahun di salah satu bank milik pemerintah. Inilah tipsnya :

1. Bersikap dan berpikiran positif
Dimulai saat hendak berangkat kerja sampai berada di lingkungan tempat kerja, hadapi semuanya dengan sikap yang tenang dan teruslah berpikir positif tentang orang-orang yang akan ditemui di lingkungan tempat kerja Anda nanti, karena dengan berburuk sangka justru akan membuat hati kita tidak nyaman dan orang lain pun belum tentu berburuk sangka pada Anda.

2. Pelajari hal-hal yang membuat Anda merasa cemas
Suatu upaya yang positif, alangkah bijaksananya kalau kita mengenal dan mempelajari hal-hal yang membuat kita cemas, kemudian diikuti dengan tindakan penyelesaiannya. Situasi kerja memang jauh berbeda dengan situasi yang biasa Anda hadapi sehari-hari. Tapi yang lebih penting, Anda tahu apa yang pertama kali harus Anda lakukan untuk menghadapinya.

3. Jangan segan bertanya
Kita merasa bahwa sebagai pekerja baru sudah dipastikan belum banyak mengetahui dan memahami segala sesuatu yang menyangkut pekerjaan. Seorang pekerja baru tidak bisa diharapkan memahami semua system dan prosedir kerja perusahaan sekaligus. Semuanya membutuhkan waktu dan proses, maka mintalah bantuan kepada yang lebih senior. Pada awal masa kerja merupakan saat yang tepat untuk bertanya kepada atasan mapun rekan sekerja. Saya yakin semua pihak akan dengan senanghati akan mendengarkan apa yang Anda tanyakan dan akan membantu Anda, karena titik akhirnya adalah demi kemajuan perusahaan.

4. Perluas pengetahuan teknis
Jangan malas dan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan teknis, baik system dan prosedur kerja perusahaan, karena semuanya akan sangat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Bila Anda telah lebih banyak mengetahui dan menguasi pekerjaan secara teknis, maka Anda akan bekerja lebih mandiri.

5. Bina hubungan dengan semua pihak
Apabila Anda ingin banyak disukai oleh semua rekan-rekan di lingkungan tempat kerja, maka temui rekan-rekan Anda satu persatu dari setiap bagian. Hindari bergaul hanya dengan rekan yang satu bagian setiap harinya dan jangan memihak pada satu kelompok saja, tapi rangkulnya semuanya tanpa menimbulkan konflik, hal ini akan lebih baik buat Anda untuk aktivitas sehari-hari di lingkungan perusahaan.

6. Hindari Konflik
Setiap manusia mempunyai sifat dan prilaku yang berbeda-beda. Demikian pula orang-orang yang berada di lingkungan kerja Anda. Tempatkanlah diri Anda diantara mereka, rebutlah hati mereka agar bisa bersimpati kepada Anda. Berusahalah untuk tidak menciptakan konflik dengan rekan-rekan kerja lainnya. Jauhi dan hindari pertengkaran dan konflik atar sesama pekerja agar suasana di lingkungan kerja Anda tetap kondusif.

7. Menyenangkan diri sendiri
Janganlah Anda terlalu berharap bahwa orang lain akan bisa menyenangkan diri Anda, tapi sebaliknya dari Anda sendirilah kesenangan itu datang. Buatlah suasana yang menyenangkan bagi diri Anda sendiri. Berbicaralah dengan rekan-rekan senior Andab dan upayakan Anda menghindari pendapat para pekerja lain yang mengalami kekecewaan atau frustasi terhadap pekerjaan, karena hal ini akan berdampak terhadap semangat kerja Anda.

8. Selalu intropeksi diri
Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan, wajar bila melakukan kesalahan, terlebih bagi pekerja pemula. Yang penting bagi Anda adalah menjadikan kesalahan sebagai langkah untuk memperbaiki diri, tapi bukan sesuatu yang dapat menambah kecemasan dan kekecewaan. Belajar dari kesalahan adalah bentuk instropeksi diri yang paling berharga untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama di masa yang akan dating.

9. Ikhlas dalam bekerja
Setiap pekerja atau pegawai pada umumnya mendambakan pekerjaan yang layak dan tentunya berjuang agar suatu saat dapat dipromosikan oleh atasan untuk memegang jabatan yang lebih tinggi, alhasil gaji yang diterima pun akan semakin besar. Tapi yang penting dalam setiap melakukan pekerjaan harus dengan hati yang tulus dan ikhlas, jadikanlah itu sebagai suatu ibadah dan anggaplah pekerjaan itu sebagai tantangan dan bukan sebagai beban.Itu saja tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat. Tapi walapun bagaimana juga situasi pekerjaan di lingkungan tempat anda bekerja tergantung bagaimana anda bisa menyikapinya atau mengkondisikannya. Tips di atas merupakan suatu pengalaman saya, paling tidak bisa memberikan motivasi bagi anda yang baru atau akan memulai memasuki dunia kerja.

Sumber gambar: pekanbaru.tribunnews.com

indogetjob.com