Artikel

Pengaruh Teknologi Pada Efektifitas Kerja

Pengaruh Teknologi Pada Efektifitas Kerja

Sebuah perusahaan yang menargetkan hasil produksi berskala besar biasanya lebih mengarah untuk mempergunakan teknologi tinggi dalam proses produksinya. Akan tetapi tidak semua proses produksi dikerjakan oleh teknologi mesin, namun tetap ada bagian maupun tahapan yang harus dikerjakan oleh tenaga manusia. Efektivitas kerja dari para tenaga kerja akan berjalan stabil sesuai target bila tenaga kerja tersebut bekerja dengan menggunakan alat atau benda yang memiliki teknologi tinggi.

Sebagai perbandingan jika karyawan bagian sanding atau amplas yang bekerja dengan menggunakan mesin hand sander (mesin amplas tangan) dalam proses pengerjaannya bisa menghasilkan 15 meja dalam sehari bekerja. Sedangkan bila dibandingkan dengan karyawan bagian sanding atau amplas yang menggunakan mesin amplas besar yang dalam proses pengerjaannya menggunakan sistem komputerisasi bisa menghasilkan 50 meja dalam sehari.

Disisi itu, pengaruh teknologi pada efektivitas kerja juga dapat  dilihat dari tingkat kesalahan yang dilakukan oleh tenaga kerja. Jika teknologi yang digunakan tinggi, maka semakin kecil pula tingkat kesalahan yang mungkin terjadi. Apalagi bila teknologi yang digunakan adalah teknologi yang mendasar pada komputerisasi dimana kinerja dari mesin yang digunakan telah diprogram dengan baik sehingga tenaga kerja hanya bertugas mengoperasikan mesin dan mengontrol hasil keluaran dari mesin tersebut.

Sementara bila sebuah industri yang aktivitas produksinya masih menggunakan mesin-mesin manual dan masih menggunakan banyak tenaga kerja. Maka hal terberat yang harus dihadapi perusahaan yakni ketika saat para tenaga kerja tersebut tidak masuk kerja. Namun bila perusahaan tersebut menggunakan mesin berteknologi tinggi, secara otomatis akan menekan jumlah tenaga kerja dalam satu sektor. Maka masalah banyaknya karyawan yang tidak masuk kerja sudah bukan merupakan hal yang mengkhawatirkan bagi pihak perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh teknologi pada efektivitas kerja bisa dirasakan dari jumlah hasil produksi yang tidak berpengaruh secara signifikan pada saat tenaga kerja tidak masuk.

Sumber gambar: tekno.liputan6.com

indogetjob.com